Rabu, 13 Maret 2013

PAUS BARU AKHIRNYA TERPILIH

Ini Pesan Obama kepada Paus Baru
(Source: AFP foto)


VATIKAN, KOMPAS.com — Asap putih baru saja mengepul dari cerobong asap khusus Kapel Sistina, Vatikan, Rabu (13/3/2013) malam. Seperti dilaporkan oleh CNN dan BBC, asap putih ini menandakan paus baru sudah terpilih. Asap mengepul sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

Dengan telah mengepulnya asap putih ini, berarti pengganti Paus Emeritus Benediktus XVI sudah terpilih melalui empat pemungutan suara sejak Selasa (12/3/2013). Dalam tradisi konklaf, hasil pemungutan suara para kardinal pemilih hanya bisa diketahui dari asap yang keluar dari cerobong Kapel Sistina.

Paus Baru Terpilih
Asap hitam menandakan paus baru belum terpilih, sementara asap putih diiringi dentang lonceng St Peter menandakan paus baru telah terpilih. Belum ada keterangan resmi dari hasil pemungutan suara para kardinal dalam konklaf.

Dari siaran langsung melalui situs BBC, ribuan warga di lapangan Basilika yang dua hari ini memantau langsung pelaksanaan konklaf terlihat bersorak girang menyambut kepulan asap putih dari Kapel Sistina. Dentang lonceng St Peter pun terdengar memastikan terpilihnya paus baru ini.

Konklaf yang dimulai Selasa (12/3/2013) digelar untuk memilih paus baru, seiring pengunduran diri Paus Benediktus XVI pada 28 Februari 2013. Pemungutan suara perdana, Selasa (12/3/2013) petang, belum mendapatkan minimal 77 dukungan untuk satu kandidat. Demikian pula dua pemungutan suara pada Rabu (13/3/2013). Namun, penantian 1,2 miliar umat Katolik sedunia terjawab oleh pemungutan suara keempat, Rabu (13/3/2013) petang waktu setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar