Rabu, 02 Januari 2013

DRONE AS TEWASKAN KOMANDAN TALIBAN PAKISTAN



ISLAMABAD, 21 Shafar 1434/3 Januari 2013 (PERANG DUNIA XXX) – Sumber intelijen terpercaya mengatakan, sebuah pesawat tanpa awak (drone) Amerika Serikat (AS) telah menewaskan seorang komandan Taliban bernama Maulvi Nazir Wazir, di Pakistan Utara, Rabu malam.


Reuters melaporkan, selain Nazir yang juga dikenal sebagai Mullah Nazir, turut tewas Ratta Khan, wakilnya dan delapan orang lain. Sedangkan Press TV Iran melaporkan ada 13 orang yang tewas.


Masih menurut Reuters, Nazir tewas ketika rudal menghantam sebuah rumah di Angoor Adda, dekat ibukota Wana, Waziristan Selatan, dekat perbatasan Afghanistan, tujuh sumber intelijen dan dua warga melaporkan.
 
Pihak intelijen dan tentara Pakistan menyebut Nazir sebagai “Pemimpin Taliban yang baik”. Pemimpin Taliban Pakistan itu lebih suka menyerang pasukan Amerika di Afghanistan dibandingkan menyerang tentara Pakistan. Hal itu membuatnya berseberangan dengan komandan Taliban Pakistan lainnya.

Nazir adalah seorang pejuang Taliban terkemuka di Waziristan Selatan. Daerah operasinya berbasis di sekitar Wana. Dia sangat menentang pengaruh asing, khususnya Usbek dan AS. Kelompoknya selalu menghindari bentrok dengan tentara Pakistan.

Sebelum adanya Taliban, Nazir bergabung dengan Hezb-I Islami (Partai Islam) bersama Gulbuddin Hekmatyar.

Pada awal 2009 Nazir dan dua panglima perang lainnya, Baitullah Mehsud dan Hafiz Gul Bahadur, sepakat untuk bersatu melawan pasukan NATO di bawah Syura baru bernama Ittehad-ul-Mujahideen (Serikat Dewan Mujahidin). Mereka juga sepakat mendeklarasikan kesetiaan kepada Mullah Omar dan Osama bin Laden.

Data yang dikumpulkan oleh Biro Jurnalisme Investigatif menyebutkan antara 2.600 -3.404 penduduk Pakistan telah dibunuh oleh pesawat drone, 473 - 889 dilaporkan adalah  warga sipil.

Sulit untuk memverifikasi korban sipil karena pejuang Taliban sering menutupi tempat terjadinya serangan drone.
(Abu Dzakir)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar