Selasa, 12 Maret 2013

UNICEF : LEBIH 2 JUTA ANAK TERKENA DAMPAK KONFLIK SURIAH


Oleh: Wahyu Yuliani


(PERANG DUNIA XXX) --- Toronto// Lebih dari 2 juta anak-anak di seluruh wilayah terpengaruh kekerasan yang terus menerus, perpindahan penduduk besar-besaran dan kerusakan infrastruktur dan layanan penting dalam konflik Suriah, laporan PBB, Selasa (12/3).

"Seperti jutaan anak-anak di dalam wilayah Suriah dan di seluruh kawasan menyaksikan masa lalu dan masa depan mereka menghilang di tengah-tengah puing-puing dan kehancuran dari konflik berkepanjangan, risiko mereka menjadi generasi yang hilang meningkat setiap hari," kata Direktur Eksekutif UNICEF Anthony Lake. 


Di Aleppo, misalnya, hanya 6 persen dari anak-anak sedang bersekolah. Kelas yang masih berfungsi kadang-kadang penuh dengan sebanyak 100 anak, Xinhua melaporkan.


Rumah sakit dan pusat kesehatan telah rusak dan staf ahli telah melarikan diri. 




Sementara anak-anak menderita trauma melihat anggota keluarga dan teman-teman tewas, saat sedang ketakutan oleh suara dan adegan konflik. 


"Kami mendesak semua pihak untuk memungkinkan akses tanpa hambatan ke anak-anak korban kekerasan - di mana pun mereka berada," kata Lake. "Kami hanya bisa memenuhi kebutuhan krisis ini jika kita mendapatkan bantuan yang kita butuhkan hari ini." Tambahnya.


Sejak awal krisis, respon oleh UNICEF dan mitra-mitranya telah difokuskan pada penyediaan air minum dan sanitasi, kesehatan, pendidikan dan perlindungan anak kepada keluarga pengungsi di dalam wilayah Suriah dan populasi pengungsi di seluruh wilayah. 


Hasilnya, 4 juta orang di dalam negeri sekarang memiliki akses ke air minum yang aman, sementara tim kesehatan keliling membantu menangani campak dan vaksinasi polio pada 1,5 juta anak. Sekitar 75.000 anak yang terkena dampak, terdaftar di sekolah dan klub sekolah di mana mereka dapat mengejar pendidikan merekayang tertinggal dan mengembalikan masa kecil yang normal. 

Di Yordania, Lebanon, Irak dan Turki, UNICEF membantu lebih dari 300.000 anak-anak pengungsi dengan layanan air bersih, sanitasi yang memadai, pendidikan, perawatan spesialis dan perlindungan dari eksploitasi dan penyalahgunaan. 

Namun, upaya ini terancam oleh kekurangan kritis pendanaan. Pada bulan Desember 2012, UNICEF meminta US $ 195 juta untuk bantuan asuransi jiwa untuk anak-anak Suriah dan keluarga mereka hingga Juni 2013. Sampai saat ini, hasilnya kurang dari 20 persen yang didanai. 


Kanada dapat memberikan dukungan menyelamatkan nyawa anak-anak dengan membuat sumbangan di www.unicef.ca/Syria. UNICEF bekerja untuk membantu anak-anak dan keluarga mereka, melakukan apa pun untuk memastikan anak-anak bertahan hidup. Mereka menyediakan bagi anak-anak kesehatan dan imunisasi, air bersih, gizi dan keamanan pangan, pendidikan, bantuan darurat dan sebagainya. 


UNICEF didukung sepenuhnya oleh sumbangan sukarela dan membantu anak-anak tanpa memandang ras, agama atau politik. Sebagai bagian dari PBB, mereka aktif di lebih dari 190 negara. (T/P011/R2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar