Minggu, 09 Desember 2012

PRESENTER TV MESIR UNJUK RASA DI TAHRIR PROTES 'DOMINASI' MEDIA ISLAM



Kairo, 26 Muharram 1434/10 Desember 2012 (PERANG DUNIA XXX) – Sekitar 200 presenter televisi Mesir dan produser, Ahad sore berkumpul di Tahrir Square. Mereka melakukan aksi long march dari kantor pusat penyiaran negara di distrik Maspero dekat Kairo untuk meprotes apa yang mereka anggap sebagai upaya Islam untuk "mendominasi" media pemerintah.


Para pengunjuk rasa berbaris di sekitar alun-alun meneriakkan "bebaskan presenter mengatakan media akan bebas" dan "Kebebasan media adalah milik rakyat". Pengunjuk rasa kembali ke Maspero Ahad malam untuk melanjutkan aksi mereka.

Protes yang terjadi Minggu ini untuk menanggapi atas aksi pendudukan oleh ratusan pendukung Presiden Mesir Mursi di luar Media City  Kairo di distrik  kabupaten 6 Oktober untuk menuntut "pembersihan" media Mesir dari unsur-unsur rezim Presiden Husni Mubarak yang telah digulingkan.

Radio Mesir dan Uni Televisi saat ini dibawah naungan Menteri Informasi Salah Abdel-Maksoud, anggota Ikhwanul Muslimin.

Presenter dan produser Maspero telah melakukan protes beberapa tahun lalu di Tahrir Square sebagai bentuk pemberontakan membela kebebasan media publik, yang secara ketat dikontrol oleh negara selama era Mubarak.

Pemimpin penyiaran radio pemerintah Mesir, Essam El-Amir, mengundurkan diri pada Kamis untuk memprotes kontroversial dekrit 22 November Mursi. El-Amir mengajukan pengunduran dirinya menyusul terjadinya bentrokan berdarah di depan Istana Kepresidenan, Rabu. (Abu Dzakir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar