Minggu, 30 Desember 2012

KORBAN TENTARA AFGHANISTAN NAIK 1.000 LEBIH PADA 2012


 
Kabul, 18 Shafar 1434/31 Desember 2012 (PERANG DUNIA XXX) - Jurubicara Kementerian Pertahanan Afghanistan Jenderal Zahir Azimi mengatakan kepada wartawan, Ahad, bahwa jumlah tentara Afghanistan yang tewas selama 2012 lebih dari 1.000 orang, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, Khaama Press melaporkan melalui situs resminya, Ahad.


Meningkatnya korban  pasukan militer Afghanistan adalah tantangan yang dihadapi oleh tentara nasional Afghanistan di mana lebih dari 1000 anggotanya tewas sepanjang tahun.

"Setidaknya 906 tentara nasional Afghanistan tewas selama 9 bulan terakhir, dan total 1056 tentara Afghanistan telah tewas selama tahun 2012 yang menunjukkan peningkatan dibandingkan hingga 2011," kata Azimi yang juga seorang peneliti dan penulis, sudah delapan buku dia terbitkan.
 

Seorang analis militer Afghanistan Faqir Mohammad Faqir mengatakan meningkatnya serangan Thaliban adalah salah satu alasan utama di balik naiknya jumlah korban tentara Afghanistan.

Dia berkata, "Setiap kali pihak lain yang terlibat dalam perang meningkatkan aktifitasnya maka secara alamiah akan meningkatkan korban, tapi saya pikir pasukan Afghanistan harus dilatih dengan baik, harus disiplin dan dilengkapi dengan senjata modern dalam upaya untuk mengurangi korban bertambah."

Sementara itu NATO sedang mencari penambahan jumlah untuk polisi dan tentara Afghanistan,  sebesar 350.000 tentara pasukan koalisi semakin siap untuk meninggalkan negara itu pada tahun 2014.

Namun para pejabat Afghanistan dan NATO prihatin mengenai rendahnya moral dari pasukan keamanan Afghanistan dan pasukan yang melarikan diri dari tugas-tugas mereka. Juga tumbuh serangan orang dalam dari pasukan Afghanistan pada rekan-rekan internasional mereka yang menciptakan penghalang bagi pelatihan pasukan keamanan Afghan.

Setidaknya 60 tentara NATO tewas oleh rekan-rekan Afghanistan mereka selama tahun 2012.(Abu Dzakir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar