Minggu, 09 Desember 2012

JET TEMPUR F-16 MESIR TERBANG RENDAH DI ATAS PENGUNJUK RASA KAIRO



File photo shows an Egyptian F-16 fighter jet.
Kairo, 26 Muharram 1434/10 Desember 2012 (PERANG DUNIA XXX) – Jet tempur F-16 Mesir  terbang rendah di atas pusat Kairo, Minggu. Suatu manuver langka yang dilakukan oleh Angkatan Udara di atas ibukota di tengah ketegangan politik yang tinggi di negara Afrika Utara itu, Press TV melaporkan.


Jet militer buatan Amerika itu muncul sehari setelah tentara Mesir menyeru semua pihak untuk menyelesaikan krisis politik  melalui dialog. Namun pejabat Angkatan Udara Mesir tidak bersedia berkomentar tentang manuver pesawatnya.

Pada akhir Oktober yang lalu, jet tempur Mesir melakukan kejutan serupa yang merupakan bagian dari latihan militer.

"Jalan dialog adalah cara terbaik dan satu-satunya untuk mencapai kesepakatan dan mencapai kepentingan bangsa dan warga negaranya," kata Angkatan Bersenjata Mesir dalam pernyataannya, Sabtu.

Militer mendesak penentang dan pendukung Mursi membuka pembicaraan untuk mencegah Mesir jatuh "ke terowongan gelap yang mengakibatkan bencana".

"Itu adalah sesuatu yang  tidak akan kita izinkan," tegas militer Mesir.

Tanggal 22 November, Muhammad Mursi mengeluarkan dekrit yang memicu kontroversi. Sejak keputusan itu dikeluarkan, terjadi protes besar-besaran yang menimbulkan bentrok berdarah antara oposisi dengan pendukung Mursi. Terutama bentrokan besar yang terjadi di depan Istana Kepresidenan yang menimbulkan lima orang tewas dan 350 lainnya cedera.

Laporan terbaru mengatakan bahwa Presiden Mursi telah menganulir keputusan kontroversialnya itu dan akan mengubahnya. (Abu Dzakir).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar