Sabtu, 08 Desember 2012

63.469 WARGA SURIAH MENGUNGSI KE IRAK


(PERANG DUNIA XXX) -- Komisaris Tinggi PBB mengumumkan jumlah pengungsi Suriah yang melarikan diri dari ketertindasan  ke Irak melebihi 63 ribu orang, sebagian besar terpaksa mengungsi ke wilayah Kurdistan utara.  Menurut laporan (UNHCR) juga menyebutkan jumlah pengungsi Suriah terdaftar di Irak telah mencapai 63.496 orang hingga  5 Desember.


Menurut laporan tersebut , sisi penyeberangan melewati perbatasan di provinsi Anbar barat Irak masih ditutup dan hanya diizinkan masuk melalui penyeberangan tersebut untuk keadaan darurat saja , sementara pelabuhan Alwalid (barat) dan Rabi’ah (Utara) terbuka untuk pengungsi.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa sekitar 40.362 pengungsi berada di provinsi Dohuk wilayah Kurdistan di utara negara irak, dan 11.181 pengungsi di provinsi Arbil dan 3.000 pengungsi di provinsi Sulaymaniyah. dan  8.852 pengungsi  di wilayah Qaim provinsi Anbar. Saat ini ,tercatat juga kembalinya 1.389 pengungsi Irak dari Suriah antara 29 November  dan 5 Desember. Sehingga totalnya  jumlah pengungsi Irak yang kembalinya mereka sejak Juli lalu dari Suriah ke Irak 58.213 orang, termasuk 6.000 dikembalikan melalui udara.

Sebelum pecahnya konflik  di suriah, pengungsi Irak  adalah pengungsi terbesar yang melarikan diri dari negara mereka selama pecahnya ketertindasan Islam Sunni oleh Syiah di Irak pada tahun 2006.
(zae/SkyNews Arab)
ERA MUSLIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar