Selasa, 12 Maret 2013

PROTES PENGANGGURAN, SEORANG PRIA BAKAR DIRI


bkr
Sumber: IslamPos

(PERANG DUNIA XXX) --- SEORANG pria melakukan aksi bakar diri pada hari Selasa (12/3/2013) di pusat ibukota Tunisia, hanya beberapa jam sebelum anggota parlemen negara itu memilih pemerintahan baru yang bertugas menarik Tunisia keluar dari krisis politik yang terjadi saat ini.

“Ini adalah seorang pemuda yang menjual rokok karena pengangguran,” teriak pria itu sebelum membakar dirinya di Habib Bourguiba Avenue, seorang saksi mata mengatakan kepada AFP.

“Allahu Akbar!” ujar pria terbakar tersebut yang dilaporkan masih sadar ketika unit layanan darurat bergegas membawanya ke rumah sakit.

Ilustrasi
Polisi dan petugas pemadam kebakaran menolak untuk mengungkapkan informasi tentang pria yang melakukan aksi bakar diri itu, yang diyakini berusia 20-an tahun.

Jumlah orang yang bunuh diri atau mencoba untuk mengakhiri hidup mereka semakin meningkat di Tunisia sejak seorang pemuda pedagang kaki lima membakar dirinya pada 17 Desember 2010, dalam sebuah tindakan protes menentang polisi yang melecehkan dirinya.

Aksi bakar diri pedagang kaki lima tersebut memicu pemberontakan Tunisia yang akhirnya berhasil menggulingkan Presiden Zine El Abidine Ben Ali pada tahun 2011. Aksi bakar diri Mohamed Bouazizi juga memicu pemberontakan Musim Semi di hampir seluruh negara-negara Arab.

Sejak itu jumlah orang yang melakukan bunuh diri atau mencoba untuk bunuh diri semakin meningkat di Tunisia.

Kesulitan ekonomi dan sosial menjadi faktor kunci yang meruntuhkan rezim Ben Ali namun dua tahun sejak penggulingannya, pengangguran dan kemiskinan terus menghantui negara Afrika utara tersebut.(fq/islampos/afp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar