Rabu, 13 Februari 2013

RUSIA MASIH KIRIM SENJATA KE SURIAH


Sumber: OkeZone

(PERANG DUNIA XXX) --- MOSKOW// Rusia mengatakan, negaranya masih mengirimkan perangkat militer dan senjata ringan ke Pemerintah Suriah. Namun Rusia tidak pernah memasok pesawat tempur MiG29-M ke Suriah.


 

Kepala perusahaan senjata Rusia Rosoboronexport, Anatoly Isaikin, mengkonfirmasi pengiriman senjata ke Suriah. Senjata-senjata itu antara lain adalah sistem pertahanan udara. Selain tidak mengirimkan jet tempur MiG29-M, Rusia juga tidak mengirimkan misil Iskander ke Suriah.

"Kami terus melanjutkan tanggungjawab kami berdasarkan kontrak terkait pengiriman perangkat militer," ujar Isaikin, seperti dikutip Interfax, Rabu (13/2/2013).


Isaikin menambahkan pula, Suriah merupakan negara dengan peringkat ke-13 sebagai pengimpor senjata buatan Negeri Beruang Merah. Rusia pun terus menerus mengecam pernyataan Barat dan negara Arab lainnya yang mengklaim bahwa senjata-senjata Rusia itu jelas dimanfaatkan oleh Pemerintah Suriah untuk memberantas fraksi oposisi.

Selain menjalin kerja sama perdagangan senjata dengan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad, Rusia juga menjual senjatanya ke Pemerintah Mali. Isaikin mengatakan, negaranya telah mengekspor senjata ringan ke Mali dan mulai mempertimbangkan adanya diskusi mengenai penjualan senjata baru ke negara Afrika itu.

"Kami sudah mengirimkan senjata api itu. Pengiriman ini sepenuhnya dilakukan dengan cara yang legal. Kami juga sedang membicarakan masalah pengiriman senjata lainnya dalam kuantitas kecil," tutupnya.
(AUL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar