Senin, 18 Februari 2013

PEJUANG SURIAH VS HIZBULLAH LEBANON BERPERANG




(PERANG DUNIA XXX) --- HOMS// Telah terjadi bentrok senjata pada Sabtu sore (16/02/13) antara pejuang Tentara Pembebasan Suriah (FSA) dan pasukan Hizbullah Lebanon, di Homs , karena peran Hizbullah dalam perang yang berlangsung di Suriah.

Di samping itu, Hadi Abdullah, anggota Komite Umum untuk Revolusi Suriah, berkata “Pertempuran yang pecah pada Sabtu sore terjadi setelah pasukan dari kelompok Hizbullah Lebanon, yang menguasai  delapan desa di Suriah di perbatasan, berupaya memperluas daerah pendudukannya dengan merebut tiga daerah kekuasaan FSA” tutur Abdullah.
Hizbullah Lebanon
Abdullah menambahkan kepada Rauters bahwa pasukan yang berafiliasi ke Hizbullah maju dengan dipersenjatai beberapa nozel peluncur roket, memaksa Tentara Pembebasan Suriah (FSA)menggunakan dua tank, yang mereka rebut dari tentara rezim Suriah, untuk memukul mundur kelompok sekte syiah itu.

Sementara itu, penduduk setempat melaporkan bahwa pesawat – pesawat helikopter  Suriah melepaskan roket – roket ke situs – situs pajuang Suriah untuk mendukung kemajuan unit Hizbullah yang bergabung dalam milisi loyalis Bashar Al-Asad yang telah direkrut dari desa - desa yang dikuasai oleh Hizbullah.

Di samping itu, Dewan Oposisi Nasional Suriah menganggap keterlibatan Hizbullah  dalam serangan bersenjata terhadap desa – desa di tengah – tengah Suriah adalah ancaman yang membahayakan hubungan antara Suriah dan Lebanon serta kedamaian dan kemanan di wilayah tersebut.

Free Syirian Army (FSA)
Dua orang Lebanon yang berafiliasi ke Hizbullah tewas dan lima orang dari FSA gugur dalam sebuah bentrok senjata yang terjadi di daerah Qashir, barat kota Homs. Sumber lain mengatakan bahwa korban tewas ketiga dari Lebanon diakibatkan luka parah.

Menurut Sky News yang menukil dari sumber keamanan Lebanon bahwa dua orang terbunuh itu dikubur di dalam wilayah Suriah dan yang luka – luka dibawa ke Lebanon malam hari. Mereka semua dari sekte Syiah Lebanon yang tinggal di Suriah.

Sementara itu, Pejabat di Departemen Media Pusat di Komando Gabungan FSA, Fahad Al-Masri, dalam wawancara pers mengatakan bahwa pertempuran hampir setiap hari terjadi antara pasukan Hizbullah dan pejuang Tentara Pembebasan Suriah di desa – desa perbatasan Lebanon”.

Fahad menuduh bahwa Hizbullah telah membombardir desa – desa Homs yang dikuasai oleh Tentara pembebasan Suriah.[usamah’dbs]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar