Senin, 18 Februari 2013

DANA BANTUAN DUNIA UNTUK SURIAH, HANYA JANJI


pbb1

(PERANG DUNIA XXX) --- Dari semua negara yang belakangan ini menjanjikan penyaluran dana bantuan kemanusiaan untuk Suriah, berapa yang sudah tersalurkan?
Dalam sebuah konferensi donatur di Kuwait, Januari 2013, PBB dan negara-negara Teluk sangat memuji tingginya respon kepada permintaan bantuan oleh PBB untuk masyarakat Suriah yang mengalami konflik.

Ju
mlah yang dibutuhkan – 1,5 milyar USD – merupakan salah satu permintaan bantuan kemanusiaan terbesar sepanjang sejarah Timur Tengah. Negara-negara Arab, bersama dengan negara lainnya, tidak hanya mencapai target namun melebihinya. Kuwait, Saudi Arabia, dan UEA masing-masing menjanjikan 300 juta USD, total 900 juta USD.
Kira-kira dua minggu setelah pertemuan tanggal 30 Januari tersebut, jubir Sekjen PBB – Martin Nesirky, tidak mampu menjawab pertanyaan tentang berapa dari jumlah tersebut yang telah dibayarkan.
Ia menjelaskan bahwa jumlah yang dijanjikan pada konferensi di Kuwait tersebut sangat besar, bahkan melebihi jumlah yang diminta PBB, namun ia mengakui “pembuktian, jelas, ada pada komitmen yang diubah menjadi pembayaran.”
Saudi Arabia, Bahrain, UEA, Kuwait, Prancis, Jerman, Kanada merupakan nama-nama negara yang berjanji dan/sudah menyalurkan dana bantuan kemanusiaan untuk Suriah.
Dari seluruh janji-janji yang dibuat di konferensi Kuwait, jumlah dana yang sudah tersalurkan baru sebesar 350,847 juta USD, menyisakan kekurangan 1,263 milyar USD.
sumber: DS/ Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) – PBB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar