Sabtu, 16 Februari 2013

OPOSISI SURIAH SEPAKAT DIALOG TANPA ASSAD

 

Sumber: OkeZone

(PERANG DUNIA XXX) --- DAMASKUS// Koalisi oposisi Suriah akhirnya menyepakati rencana untuk membuka pintu dialog dengan rezim Bashar al-Assad. Sebelumnya ada beberapa faksi di koalisi oposisi Suriah yang menolak dibukanya dialog dengan rezim Assad.

Ajakan untuk berdialog pertama kali dikeluarkan oleh ketua koalisi oposisi Suriah, Ahmad Moaz al-Khatib. Ajakan itu sempat memunculkan kontroversi karena anggota koalisi lainnya merasa Khatib tidak berkonsultasi dengan mereka terlebih dahulu sebelum mengeluarkan ajakan dialog itu.


Pihak koalisi oposisi menyatakan mereka hanya bersedia melakukan dialog dengan pejabat pemerintah yang bersih dari konflik. “Kami siap membuka dialog, namun tidak dengan presiden Assad maupun pejabat militer dan intelijennya,” ujar anggota politburo koalisi oposisi Suriah, Walid Bunni, seperti dikutip Reuters, Sabtu (16/2/2013).

Kesepakatan tersebut diperkirakan akan meningkatkan reputasi koalisi oposisi Suriah di mata komunitas internasional. Sebelumnya banyak yang meragukan koalisi oposisi karena dianggap terlalu terpecah-belah.
Pemerintah Suriah sendiri menyambut ajakan dialog itu, namun mereka meminta proses dialog diadakan di wilayah Suriah dan tidak membahas tentang penyerahan kekuasaan dari rezim Assad ke pihak oposisi.

Saat ini konflik di Suriah telah berjalan hampir 2 tahun. Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyatakan jumlah korban jiwa di Suriah telah mencapai 70 ribu orang, bertambah 10 ribu dari bulan lalu.(AUL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar