Sabtu, 01 Desember 2012

PEMIMPIN TALIBAN WAZIRISTAN UTARA SELAMAT DARI PERCOBAAN PEMBUNUHAN

WAZIRISTAN SELATAN (PERANG DUNIA XXX) - Seorang pemimpin senior Taliban di wilayah kesukuan Pakistan selamat dari upaya percobaan pembunuhan terhadap dirinya saat seorang pelaku bom bunuh diri yang menargetkannya meledakkan bom pada hari Kamis (29/11/2012) di Wana, Waziristan Utara.

Mullah Nazir, pemimpin Taliban Waziristan Utara yang telah menyatakan dirinya juga sebagai anggota Al Qaidah, terluka dalam serangan itu, sementara enam orang lainnya tewas.

Seorang remaja pembom bunuh diri mengendarai sepeda motor yang dikemas dengan bahan peledak ke mobil Mullah Nazir yang diparkir di bazar utama di Wana di Waziristan Selatan, seorang pejabat Pakistan mengatakan kepada The New York Times. Nazir konon keluar dari mobil dan melakukan panggilan telepon ketika serangan itu terjadi. Enam orang tewas dan 12 lainnya terluka dalam serangan bunuh diri tersebut, Maulana Amir Nawaz, juru bicara Nazir, mengatakan kepada Samaa.

Mullah Nazir terluka di kaki dan dirawat di rumah sakit. Seorang anggota Taliban di daerah itu mengatakan kepada The New York Times bahwa sang komandan dipindahkan ke "sebuah tempat yang dirahasiakan karena khawatir bahwa ia bisa menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak Amerika." AS melancarkan serangan pesawat tak berawak hari Kamis di Desa Spin Warzak dekat Wana, Waziristan Selatan, serangan tersebut adalah yang pertama di Pakistan dalam 36 hari.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Nazir pernah terlibat gesekan dengan Gerakan Taliban di Pakistan serta Gerakan Islam Uzbekistan di masa lalu, kedua kelompok menggunakan pembom jibaku di Pakistan dan di Afghanistan. Nazir sempat mengusir beberapa orang Uzbek dari daerah suku pada tahun 2007 dan 2008, dan langkah itu menyebabkan pertempuran skala kecil antara kelompok tersebut. Tetapi setelah Tentara Pakistan menyerbu wilayah kesukuan Mehsud pada akhir tahun 2009, Nazir mulai melindung Gerakan Taliban di Pakistan dan Gerakan Islam Uzbekistan.

Wana telah menjadi tempat serangan bunuh diri yang menargetkan seorang pejabat pro-Taliban. Pada bulan Agustus 2010, seorang pembom bunuh diri menewaskan Maulana Noor Mohammed, seorang mantan anggota parlemen Pakistan yang pernah menjabat sebagai negosiator antara Taliban dan pemerintah di masa lalu. Ledakan itu, yang berlangsung di masjid, menewaskan 25 orang. Belum ada kelompok yang mengklaim tanggung jawab atas serangan tersebut.

Faksi Taliban pimpinan Mullah Nazir adalah salah satu dari empat kelompok utama Taliban yang telah bergabung dengan Syura-e-Murakeba, aliansi yang ditengahi oleh Al-Qaidah akhir tahun lalu. Syura-e-Murakeba juga termasuk kelompok Hafiz Gul Bahadar, Jaringan Haqqani, dan Gerakan Taliban di Pakistan, yang dipimpin oleh Hakeemullah Mehsud dan wakilnya, Waliur Rehman Mehsud. Para anggota Syura-e-Murakeba setuju untuk menghentikan serangan terhadap pasukan keamanan Pakistan, memfokuskan kembali upaya melawan AS di Afghanistan, dan mengakhiri penculikan  di wilayah kesukuan Pakistan.


VOA-ISLAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar