Kamis, 13 Desember 2012

IRAN TERUS TANGKAP DAN TAHAN TOKOH SUNNI


IRAN.(PERANG DUNIA XXX) – Rabu, 12 Desember 2012, dalam masa meningkatnya kampanye agresi melawan rakyat Ahwaz (daerah sunni di Iran) dan semua ahlussunnah dari mereka khususnya, otoritas Iran menolak untuk membebaskan dan terus melancarkan tuduhan resmi kepada beberapa tokoh ahlussunnah yang menonjol di dua kota, Abadan dan Mahmarra.


Petugas Intelijen Iran telah melancarkan awal bulan Ramadhan lalu kampanye penangkapan yang menargetkan puluhan dari aktivis Aswaja di beberpa kota – kota dan desa - desa Ahwaz. dan kampanye penangkapan ini secara khusus menargetkan sunni yang menonjol di Abadan dan Mahmarra, di antara mereka adalah: Al-Haj Makki Hulmi, Al-Haj Abdul Hadi Rashidi, l-Haj Nadir Hulmi, Mushtafa AlBuabish dan Saeed Assi.

Penagkapan mereka dilakukan setelah tersebar bahwa Ahlussunnah akan melaksanakan. Dan pelaksanaan tersebu ditolak oleh otoritas Iran, dimana hal itu dianggap sebagai seruan menyebarkan madzhab ahlussunnah wal jama’ah.

Muslim Sunni di Iran, sebagaimana menurut perhitungan statistik non resmi, berkisar antara empat belas sampai sembilan belas juta Muslim yaitu antara berkisar antara 20 sampai 28 persen dari penduduk Iran, dan mereka terbagi menjadi tiga etnis yaitu Kurdi, Baluchistan dan Turkmen.

Mereka tinggal dekat dengan garis perbatasan yang memisahkan Iran dengan negara – negara tetetanga yang memiliki populasi mayoritas sunni seperti Pakistan, Afghanistan, Irak, dan Turkmenistan. sebagaimana sudah diketahui bahwa Iran dulu pernah menjadi negara Sunni sampai abad ke sepuluh hijriah.(VOA-Islam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar