Senin, 10 Desember 2012

ARAB SAUDI DAN DUNIA KECAM RENCANA PEMBANGUNAN ISRAEL



Jakarta, 27 Muharram 1434/11 Desember 2012 (PERANG DUNIA XXX) – Arab Saudi, Senin menegaskan kembali kutukannya terhadap akspansi pemukiman pemerintah Israel di tanah Palestina yang diduduki. Yang terbaru adalah rencana Israel membangun 3.000 unit rumah di Tepi Barat dan Yerusalem.


Kuwait News Agency (KUNA) melaporkan dari Riyadh, kecaman yang dikeluarkan melalui Kabinet Saudi itu menyeru masyarakat internasional untuk memantau rencana Israel membangun Blok E1  yang akan  mengganggu proses perdamaian.

Seminggu belakangan ini Israel mendapat gelombang kecaman internasional terkait rencana sepihaknya membangun pemukiman untuk warga Yahudi. Tidak hanya Amerika dan Uni Eropa yang mengecam, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon telah mengecam.

Prancis, Inggris, Spanyol, Denmark, Swedia dan Mesir telah memanggil Duta Besar mereka dari Israel sebagai protes atas rencana negara Bintang Daud itu. Begitu pun dengan Jerman yang meminta Israel menghentikan rencananya. Sedangkan Australia telah lama menentang proyek itu.

Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius beberapa hari lalu mengatakan  rencana itu sebagai tindakan kolonialisme baru. "Saya menolak semua keputusan pemerintah Israel agar Israel memulai negosiasi," katanya.

Dunia Barat menganggap proyek itu akan menutup Yerusalem Timur yang merupakan ibukota masa depan Palestina dengan Tepi Barat. Dan mereka menganggap rencana itu bisa merusak upaya damai dengan Palestina.

Israel mengesahkan dimulainya rencana pembangunan E1 pada Jum'at (30/11) sebagai pembalasan atas upaya Presiden Palestina Mahmud Abbas memperoleh peningkatan status Palestina di PBB.


Namun, meski ditekan dan dikecam oleh PBB, Uni Eropa dan negara-negara dunia lainnya, pemerintah Israel tetap pada rencananya untuk membangun 3.000 unit rumah baru.

"Israel akan terus memperjuangkan kepentingan vitalnya meskipun harus menghadapi tekanan dari dunia internasional," tegas Netanyahu seperti yang dilansir Jpost seminggu lalu (4/12). (Abu Dzakir).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar