Selasa, 30 April 2013

MALAWI BUKA UNIVERSITAS ISLAM PERTAMA DI NEGARANYA




(PERANG DUNIA XXX) --- Kairo// Menteri Pekerjaan Umum dan Transportasi Malawi Sidik Mia mengumumkan, Senin (29/4) di Mangochi Boma, Malawi, akan dibuka sebuah universitas Islam pertama di negara itu, On Islam melaporkan yang dikutip MINA.

Universitas tersebut bertujuan mempromosikan pendidikan modern di kalangan umat Islam dan mengurangi penyerbuan ke suatu universitas serta diperuntukkan mahasiswa yang tertarik mempelajari Islam.

"Kita semua memiliki tujuan yang sama untuk melihat Malawi sebagai negara berkembang dan melalui kepemimpinan yang tepat, ini adalah mungkin," kata Mia.

"Pemimpin perlu mendukung kami."

Pertemuan dengan para pemimpin Muslim di salah satu masjid kecamatan Mangochi Boma, Mia mengatakan bahwa universitas Islam tersebut untuk mempromosikan pendidikan modern di kalangan umat Islam Malawi.

Lembaga baru akan menyambut siswa yang memiliki minat dalam Islam, menawarkan mereka kesempatan untuk mendapatkan gelar dalam studi Islam.

Rencana akan diluncurkan segera yang mendapat dukungan dari salah satu direktur lembaga bantuan di Kuwait.

Saat ini, ada beberapa gereja yang mengelolah universitas, di antaranya Perguruan Tinggi Bibel Afrika, Universitas Livingstonia dimiliki oleh Gereja Afrika Tengah Presbytery, Universitas Seventh Day Adventist dan Universitas Catholic.

Ada juga tiga universitas negeri di negara itu.

Sebagai negara yang menderita lonjakan mahasiswa, pembukaan universitas Islam akan membantu meringankan masalah.

Perlu bantuan

Mia mendesak umat Islam untuk menyadari pentingnya membantu  pertumbuhan Islam dan memberikan bantuan bagi yang membutuhkan.

"Saya menyerukan kepada masyarakat Muslim untuk membantu merangkul semangat orang miskin," kata Mia, yang merupakan Wakil Presiden Partai Rakyat.

Sesuai contoh, Menteri memberikan sumbangan sebesar lebih 2.5 juta Kwacha (satuan mata uang Malawi) untuk membangun proyek-proyek blok sekolah tambahan di sekolah dasar di bawah pengolahan masjid kecamatan.

Mia yang merupakan Wakil Presiden Asosiasi Dewan Muslim Malawi, juga menyumbangkan uang terhadap proyek pembangunan di Masjid Mathanjesi, Mangochi Boma.

Islam adalah agama terbesar kedua di negara Afrika Selatan itu setelah Kristen.

Statistik resmi menunjukkan populasi Muslim sebesar 12 persen dari 12 juta orang dinegara itu, tapi orgganisasi Asosiasi Muslim Malawi (MAM) menempatkan tingkat di 36 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar