Selasa, 30 April 2013

KARZAI AKUI TERIMA PEMBAYARAN DARI CIA




Sumber: MINA

(PERANG DUNIA XXX) --- Kabul// Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengakui bahwa kantornya telah menerima pembayaran dari pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Badan Intelijen Pusat (Central Intelligence Agency/CIA) selama 10 tahun terakhir, situs en.haberler.com melaporkan, Senin (29/4), seperti yang dikutip MINA.
Karzai  mengatakan dana tersebut digunakan untuk tujuan operasional dan kesehatan.

"Ya, kantor Penasihat Keamanan Nasional telah menerima dukungan dari pemerintah AS dalam sepuluh tahun terakhir, tidak dalam skala besar, tetapi dalam skala kecil," kata Karzai dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya.
Karzai membuat pernyataan di Helsinki, Finlandia, di mana dia melakukan kunjungan resmi.

Tanggapan Karzai muncul setelah New York Times melaporkan, Senin (29/4), bahwa jutaan dolar uang tunai telah dibayarkan CIA  ke kantor Karzai lebih dari satu dekade, mengutip para pejabat AS dan Afghanistan.

Karzai, mengatakan bahwa uang tersebut diberikan untuk operasional dan tujuan kesehatan serta membayar sewa rumah, namun ia tidak mengungkapkan jumlah.
"Bantuan tersebut sangat berguna dan kami berterima kasih," kata Karzai.

Times mengatakan CIA memberikan kepada Dewan Keamanan Nasional Afghanistan puluhan juta dolar dalam pembayaran bulanan yang disampaikan dalam koper, ransel dan tas plastik.

Surat kabar mengatakan, Khalil Romawi, wakil  kepala staf Karzai (2002-2006), mengatakan bahwa datangnya pembayaran CIA seperti hantu uang yang datang secara rahasia dan meninggalkan uangnya diam-diam.
"Uang tunai telah memicu korupsi dan melemahkan panglima perang," kata pejabat Amerika yang tidak disebut namanya.

Di Washington, juru bicara Gedung Putih Jay Carney menolak untuk mengomentari laporan tersebut seperti apa yang dilakukan CIA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar