Jumat, 22 Februari 2013

OBAMA KIRIM 100 MILITER KE NIGER BANTU PASUKAN PERANCIS


ali

(PERANG DUNIA XXX) --- PRESIDEN AS Barack Obama mengatakan setidaknya 100 personil militer Amerika telah dikirim ke Niger untuk mendukung tentara Prancis memerangi pejuang Islamis di Mali.
“Penyebaran ini akan memberikan dukungan bagi pengumpulan informasi intelijen dan juga akan memfasilitasi pertukaran informasi intelijen dengan pasukan Prancis yang melakukan operasi di Mali dan dengan mitra lainnya yang ada di wilayah tersebut. Jumlah personel militer AS yang ditempatkan di Niger sebanyak 100 orang,” kata Obama Jumat kemarin (23/2/2013).
Laporan mengatakan bahwa tentara AS juga akan mendirikan pangkalan pesawat tanpa awak (drone) di negara Afrika tersebut.
Pangkalan drone
Rencana itu dilakukan setelah Kementerian Pertahanan Niger mengumumkan akan kesiapan negaranya untuk menjadi tuan rumah sebuah pangkalan udara pesawat Amerika yang bertugas membantu operasi intelijen Amerika Serikat di Afrika termasuk di negara Afrika Barat Mali.
“Jika Niger memiliki kesempatan untuk menerima dukungan dalam bentuk pesawat atau drone guna memantau pergerakan mencurigakan dari Mali, kami tentu akan mendukungnya,” kata Menteri Pertahanan NIger Karidjo Mahamadou pada tanggal 30 Januari lalu.(fq/islampos/prtv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar