Jumat, 08 Februari 2013

DUBES AUSTRALIA: HUBUNGAN AUSTRALIA INDONESIA SANGAT PENTING DI ASIA


(PERANG DUNIA XXX) --- Jakarta//Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty mengatakan dalam pernyataan persnya, Jumat (8/2) di Jakarta, hubungan Australia dengan Indonesia merupakan salah satu yang paling penting di Asia, kantor berita MINA melaporkan.



Pernyataan ini mengenai acara Dialog Pemuda Australia Indonesia (AIYD) untuk pertama kali di Jakarta (8/2), membahas pengembangan ide-ide pengukuhan kedua negara.

“Hubungan Australia dengan Indonesia merupakan salah satu yang paling penting di Asia dan ini seiring dengan kawasan yang terus bertambah makmur, pengembangan hubungan antar-warga sesuatu yang vital,” kata Moriarty.

Menurut Moriarty  yang juga pejabat senior Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia, tujuan dialog tersebut adalah untuk mengumpulkan gagasan tentang bagaimana memperkuat hubungan antar-warga kedua negara.

“Kita memiliki banyak titik perkiprahan antara masyarakat budaya kita, antara para wartawan, masyarakat madani, para pemimpin, namun saya rasa adalah penting untuk mendengar perspekstif pemuda, karena hal ini akan menjadi masa depan hubungan kita,” kata Moriarty.

Lebih lanjut mantan Duta Besar untuk Iran itu mengatakan  “Bila kita tidak mempunyai hubungan antar-warga yang kukuh, maka bagian lain dari hubungan tersebut bisa terdistorsi. Dalam beberapa segi hubungan antar-warga berfungsi sebagai pemberat hubungan bilateral dan membantu mengembangkan pemahaman.”

Dubes juga menekankan pentingnya pemutakhiran persepsi Indonesia tentang Australia.

“Adalah penting bagi kita untuk memajukan pandangan tentang Australia yang modern, multikultural dan toleran di Indonesia karena masyarakat Australia telah berubah dalam 20 hingga 30 tahun terakhir. Australia sangat berbeda dengan kesan yang kadang kala timbul melalui citra media dan stereotipe budaya yang negative,” tambah Moriarty.

Dalam acara Dialog Pemuda Australia Indonesia (AIYD), pemuda dari Australia dan Indonesia berdiskusi tentang kiat-kiat memperkuat hubungan bilateral.

Dialog tersebut melibatkan peserta dari kedua negara yang bertukar pandangan dan pengalaman, berdasarkan program pertukaran budaya yang para peserta ikuti baru-baru ini.

Para peserta mencakup anggota Program Pertukaran Pemuda Australia Indonesia (AIYEP), Asosiasi Pemuda Australia-Indonesia (AIYA) dan Konsorsium Australia untuk Kajian Indonesia di Indonesia (ACICIS).


Pernyataan visi dirancang pada akhir dialog tersebut yang akan secara langsung diserahkan ke Menteri Luar Negeri Australia and Menteri Pemuda dan Olahraga RI. (ABU DZAKIR).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar