Selasa, 11 Desember 2012

DRONE ASING JATUH DI AFGHANISTAN SELATAN



File photo shows a US-assassination drone downed in southern Afghanistan.
Jakarta, 28 Muharram 1434/12 Desember 2012 (PERANG DUNIA XXX) – Pasukan International Security Assistance Force (ISAF) pimpinan Amerika Serikat (AS) mengatakan sebuah pesawat tanpa awak (drone) milik pasukan asing yang ditempatkan di Afghanistan jatuh di bagian selatan Helmand negara itu, Selasa. 


Press TV melaporkan belum ada kejelasan tentang rincian penyebab jatuhnya drone itu dari koalisi militer Barat.

Dalam satu minggu terakhir ini, AS meningkatkan operasi dan serangan pesawat dronenya di Afghanistan dengan alasan menargetkan para pejuang Taliban yang pada faktanya lebih banyak menimbulkan korban sipil. Demikian Sky News melaporkan. 

Selain menyerang, pesawat-pesawat itu juga menjadi alat mata-mata pengumpulan data. Serangan drone AS tidak hanya di Afghanistan tapi juga di Pakistan, Yaman dan Somalia.

Selain AS, Inggris pun telah menempatkan sepuluh dronenya beroperasi di Afghanistan. Lima pesawat adalah pasokan baru. Dalam mengontrol kerja pesawatnya, Inggris juga memakai jasa terminal kontrol pangkalan militer AS di Nevada.

Menurut data Guardian, Inggris terlibat penggunaan drone di Afghanistan sejak 2008. Hingga September yang lalu, lima drone Inggris telah terbang hingga 39.628 jam, menembakkan 334 peluru kendali dan bom yang ditujukan kepada pejuang Taliban.

AS dan sekutunya menginvasi Afghanistan mulai tahun 2001. Serangan itu menggulingkan kekuasaan Taliban yang memang menjadi salah satu target invasi. Namun, meskipun Taliban telah ditumbangkan, kekacauan di negeri itu tetap tidak surut. (Abu Dzakir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar