Kamis, 21 Februari 2013

LUKISAN MENGHINA NABI MUHAMMAD AKAN DIPAMERKAN DI SWEDIA

Sumber: MuslimDaily


(PERANG DUNIA XXX) --- MALMOE// Seniman Swedia Lars Vilk pada Rabu 20/02 mengatakan, dirinya berencana menampilkan lukisan Nabi Muhammad terbaru meskipun mendapat ancaman. Lukisan terbaru Lars Vilk ini menggambarkan nabi sebagai anjing.

Seperti dilansir France24, lukisan Vilks akan ditampilkan di kota Malmoe, kota yang dihuni 100.000 warga Muslim Swedia.

Lars Vilk

"Sangat penting melanjutkan ini (pameran lukisan), karena jika anda kalah oleh ancaman dan mundur, berarti anda telah meninggalkan prinsip-prinsip demokrasi," ujar Lars Vilks, Rabu 20/02.

Vilks memang terkenal dengan karya-karyanya yang menghina Nabi Muhammad dan Islam, sebelum ini ia pernah diancam dibunuh setelah menggambar nabi Muhammad dengan tubuh anjing yang diterbitkan koran Swedia Nerikes Allehanda pada tahun 2007. Ia beralasan gambar itu adalah kebebasan berekspresi.

Sementara untuk pameran terbaru yang akan digelar di kota Malmoe tersebut, Vilks mengatakan masih menampilkan lukisan dengan tema yang sama yakni nabi Muhammad dengan tubuh hewan yang dilukis oleh Claude Monet, Peter Paul Rubens dan Anders Zorn.

Rencananya pameran tersebut akan digelar pada bulan Juli mendatang, di kota Malmoe yang merupakan kota terbesar ketiga di Swedia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar