Sabtu, 05 Januari 2013

AFGHANISTAN BEBASKAN LAGI 80 PEJUANG TALIBAN



 
Kabul, 23  Shafar 1434/5 Januari 2012 (PERANG DUNIA XXX) - Pemerintah Afghanistan membebaskan 80 pejuang Taliban dari penjara Pul-e-Charkhi di bagian timur ibukota Kabul, Miraj News Agency (MINA) melaporkan sebagaimana yang diterima dari Khaama Press, Sabtu.


Menurut pejabat terkait, sekitar 67 pejuang Taliban yang dibebaskan  adalah mereka yang ditangkap oleh pasukan Amerika Serikat sehubungan perlawanan terhadap pemerintah Afghanistan. Sebelumnya mereka ditahan di penjara Bagram yang kemudian diserahkan kepada pasukan keamanan Afghanistan.

Masih menurut Khaama, pembebasan ini menyusul pembebasan oleh pemerintah Afghanistan sebelumnya sekitar 200 pejuang.

Jenderal Ghulam Farooq, Komandan Polisi Militer Afghanistan mengatakan, “Sekitar 131 tahanan lainnya juga akan dibebaskan dari Kandahar, Zabul dan provinsi Uruzgan Afghanistan.”

Atas dasar kesepakatan dengan pemerintah Pakistan, pemerintah Afghanistan pun membebaskan beberapa pimpinan pejuang Taliban di akhir tahun 2012 yang dipenjara di Pakistan.

Proses pembebasan besar-besaran yang dilakukan pemerintah bertujuan bisa membuka jalan perundingan damai dengan Taliban. Meskipun banyak pengamat yang mengkritik kebijakan tersebut,  para pejabat Afghanistan beralasan bahwa para pejuang Taliban yang dibebaskan adalah mereka yang sudah mendapat mengampunan dari pengadilan dan yang tidak terbukti berhubungan dengan kelompok pejuang Taliban.

Di sisi lain, negosiator senior Dewan Tinggi Afghanistan, Muhammad Masoon Stanekzai mengatakan ia optimis tentang prospek rekonsiliasi dengan Taliban dan semua pihak sekarang menyadari solusi militer untukperang itu tidak mungkin. (Abu Dzakir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar