Jumat, 28 Desember 2012

PEMERINTAH TURKI LUNCURKAN KAMPANYE BANTUAN UNTUK PENGUNGSI SURIAH






Jakarta, 16 Shafar 1434/28 Desember 2012 (PERANG DUNIA XXX) - Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan dukungan bagi kampanye "mengulurkan tangan" membantu para pengungsi Suriah untuk menunjukkan kesolidaritasan  yang kuat, Turkishpress menyampaikan kepada Miraj News Agency (MINA), Jum'at.


"Kami percaya bahwa orang-orang Turki, media nasional dan berita lokal kami, organisasi masyarakat sipil, lembaga pejabat, perkumpulan dan serikat dagang akan membuat kontribusi dalam kampanye," kata Erdogan.

Departemen Bencana Turki dan Direktorat Manajemen Darurat (AFAD) mengatakan sebelumnya,  Rabu,  bahwa ada 147.107 warga Suriah yang saat ini tinggal di Turki setelah melarikan diri dari bentrokan di negara mereka.

AFAD mengatakan mereka telah mendirikan lima kamp  pengungsian  di Hatay, tiga di Gaziantep, dua di Sanliurfa dan masing-masing di Osmaniye, Kahramanmaras dan Adiyaman serta satu kamp kontainer di Kilis.

AFAD mengatakan warga Suriah yang berlindung di Turki diberikan  penginapan, makanan, pelayanan kesehatan, keamanan, kegiatan sosial, pendidikan, ibadah, layanan penerjemah dan komunikasi. Juga disediakan makan tiga kali sehari.

Dikatakan bahwa total 206.954 warga Suriah telah melarikan diri ke Turki sejauh ini tetapi 59.847 dari mereka kembali lagi ke Suriah. (Abu Dzakir).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar