Kamis, 29 November 2012

24 JAM, OPOSISI TEMBAK JATUH 2 PESAWAT REZIM


DAMASKUS (PERANG DUNIA XXX) - Dalam waktu kurang dari 24 jam, oposisi Suriah menggunakan rudal untuk menjatuhkan dua pesawat milik tentara rezim Alawiyah di utara Suriah.

Sejak akhir Juli lalu, rezim Suriah telah menggunakan jet tempur untuk mencoba menekan pergerakan para militan Suriah yang tumbuh dengan pesat.  Angkatan udara membombardir wilayah-wilayah yang telah dibebaskan oleh militan Suriah di seluruh negeri, menyebabkan korban yang sangat tinggi.
Tetapi Rabu (28/11/2012) pagi, militan Suriah menembak jatuh pesawat tempur di provinsi Aleppo, ujar seorang wartawan AFP.
Pesawat tersebut jatuh setelah dihantam oleh ledakan besar, kepulan asap hitam tebal membumbung ke angkasa, ujar wartawan yang berjarak hanya beberapa kilometer dari lokasi kejadian.
Para militan Suriah beberapa jam sebelumnya juga menjatuhkan sebuah helikopter militer untuk pertama kalinya.
"Ini adalah titik balik," ujar Riad Kahwaji, seorang pengamat ahli.
"Jika angkatan udara Suriah mulai kehilangan beberapa pesawat setiap harinya, akan menjadi titik balik penting karena rezim akan kehilangan keunggulannya dan tidak lagi dapat menggunakan sarana utamanya," lanjut Kahwaji kepada AFP.
Jet terjatuh di kebun zaitun yang berjarak kurang dari satu mil dari desa Tourmanin di utara Aleppo. (haninmazaya/arrahmah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar