Selasa, 05 Februari 2013

YAMAN ADILI 200 TERSANGKA ANGGOTA AL-QAIDAH

(PERANG DUNIA XXX) --- Yaman sedang mengadili dan menyelidiki sekitar 200 pejuang Islam terkait Al-Qaida dan lebih banyak tersangka lagi yang akan diselidiki dan akan diadili segera, situs 26 September yang dikelola negara melaporkan pada hari Ahad (3/1/2013) mengutip seorang pejabat yang akrab dengan masalah tersebut.

Para pejuang Islam tersebut termasuk berasal dari Saudi, Mesir, Sudan, Yordania, Pakistan, Afghan, Uzbekistanis, Somalia, dan lain-lain.

Sementara itu, penuntut pidana khusus telah menerima berkas dari sepuluh pejuang Islam yang diperkirakan akan diadili segera.

Pernyataan itu muncul di tengah serangan oleh tentara Yaman terhadap Al-Qaidah di provinsi Abyan dan Baidha dan perburuan berkelanjutan bagi anggota kelompok tersebut di seluruh republik.

Puluhan pejuang Islam telah gugur dan ditangkap dalam beberapa bulan terakhir, termasuk pemimpin kunci mereka dalam penggerebekan dan serangan udara oleh pesawat AS di berbagai bagian negara itu.

AS yang sangat khawatir dengan perkembangan Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP) telah memberikan dukungan langsung kepada pasukan Yaman untuk menargetkan para pejuang Islam, terutama para pemimpin kunci yang dicari oleh pemerintah AS atas tuduhan teroris dan plot serangan terhadap negara tersebut. (st/yp)


VOA-Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar