Kamis, 28 Februari 2013

SALAFI TUNISIA KECAM TARIAN 'HARLEM SHAKE'



Oleh: Abu Dzakir
Sumber: MNS News


(PERANG DUNIA XXX) --- Tunis// Mahasiswa Tunisia bentrok dengan kelompok Salafi yang mengecam  menggilanya tari 'Harlem Shake' di kota Sidi Bouzid dan Tunis, sumber MNS News melaporkan Kamis (28/2).

Di Sidi Bouzid, tempat  revolusi Tunisia 2011 bermula, siswa sekolah Regueb mencoba membuat  video 'Harlem Shake' versi mereka, Rabu (27/2) di sekolahnya, tapi tidak diberi izin.

Fresh Harlem Shake scuffles in Tunisia
Bentrokan Salafi dan mahasiswa Tunisia

Sekelompok orang berfaham Salafi mendatangi sekolah dan berteriak pada siswa bahwa saudara-saudara mereka di Palestina sedang menderita dan mereka justeru menari. Namun para siswa di sekolah bahasa itu melanjutkan pembuatan film mereka setelah kelompok salafi pergi.

Menteri Pendidikan setuju bahwa syuting tari 'Harlem Shake' di sekolah itu tidak pantas yang memancing suara-suara penentangan.  Namun para pemuda yang berpaham sekuler mengancam akan melakukan demontrasi publik yang melibatkan banyak massa untuk menari 'Harlem Shake'.

Hari Kamis kembali terjadi bentrokan antara kedua pihak.

Di Universitas Manouba yang terletak di pinggiran kota Tunis, insiden yang sama terjadi antara  mahasiswa sekuler dan Salafi. Bentrokan dipicu oleh para pemuda yang berusaha membuat film 'Harlem Shake'.
Salafi Tunisia

Polisi turun tangan untuk memisahkan kedua belah pihak hingga situasi kembali tenang.
Sejumlah situs media sosial yang dikelolah oleh Salafi dan kelompok-kelompok Islam lainnya telah mencela 'Harlem Shake' sebagai tarian cabul, dengan peserta yang merokok, menari liar dan melakukan tindakan simulasi seksual.

Aktivis pemuda sekuler memberontak dengan mengeluarkan seruan untuk 'Mega Harlem Shake'  yang akan dipentaskan hari Jumat di depan Kementerian Pendidikan Tunisia.

Harlem Shakes

Goyang Harlem adalah meme internet dalam bentuk video berisi rekaman orang melakukan drama komedi dengan  lagu "Harlem Shake". Konsep video tersebut kemudian diikuti oleh banyak orang yang akhirnya menjadi tren pada awal Februari 2013 dengan ribuan video 'Harlem Shake' dibuat dan  di-upload ke YouTube setiap hari.

Bentuk meme dibuat dalam sebuah video yang diunggah pada 2 Februari oleh lima remaja dari Queensland, Australia yang dikenal di YouTube sebagai The Skate Sunny Coast. Video itu mulai menjadi tren virus. Orang-orang  suka  meng-upload ke YouTube mereka sendiri video 'Harlem Shake'.

Video-video itu merupakan tindak lanjut video yang dibuat  dan di-upload oleh Vlogger komedi YouTube bernama Frank Filthy, menampilkan beberapa orang berkostum  menari kan lagu "Shake Harlem"  dari penyanyi Amerika Baauer. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar