Minggu, 03 Februari 2013

MISI AS DI YAMAN INCAR RUTE PENGIRIMAN MINYAK


(PERANG DUNIA XXX) --- Pasukan pemerintah Yaman telah memukul mundur sekelompok gerilyawan  Islam yang terkait dengan Al-Qaeda setelah membunuh 21 gerilyawan selama dua hari pertempuran, sumber militer mengatakan Sabtu, Alarabiya melaporkan.


Tentara dan milisi pro-pemerintah bertempur dengan militan pada hari Kamis dan Sabtu di dekat kota Shuqra di Abyan provinsi, daerah  miskin di Yaman selatan  di mana kekuasaan Islamis bersenjata berada di sana.

Lima tentara dan dua anggota milisi juga tewas, kata sumber itu. Pejuang yang bertahan akhirnya melarikan diri dari daerah tersebut, ia menambahkan.

AS sangat berkepentingan di daerah ini, walaupun negeri ini adalah yang termiskin di daerah teluk, tapi Negara ini , terletak di dekat rute pengiriman minyak penting dan panggul terbesar minyak dunia eksportir Arab Saudi, merupakan prioritas kapitalis internasional.

Washington dan pemerintah Barat lainnya menganggap yang berbasis di Yaman Al Qaida di Semenanjung Arab (AQAP) sebagai salah satu cabang yang paling berbahaya dari jaringan pejuang Islam. Di duga kelompok ini telah merencanakan serangan terhadap sasaran internasional termasuk pesawat dan berjanji untuk menggulingkan keluarga penguasa Arab Saudi.

Suku kelompok Islam di Yaman disebut Ansar al-Syariah, yang berafiliasi dengan AQAP, di kota-kota Jaar dan Zinjibar di provinsi Abyan tahun lalu. Para militan telah memberlakukan hukum syariah di kota-kota dan mengangkat bendera Al Qaeda.

Pada hari Kamis tentara Yaman melancarkan serangan terhadap sisa-sisa Ansar al-Sharia yang bersembunyi di gua-gua, pertempuran itu menewaskan dua militan.

Yaman, negara Arab termiskin, dilemparkan ke dalam kekacauan politik di awal tahun 2011 ketika protes massal terhadap  penguasa Ali Abdullah Saleh , yang diminta mundur setealah pertempuran di ibukota Sanaa dan perpecahan di kubu militer.

Saleh dipaksa mundur dari kekuasaan tahun lalu , tetapi pemerintah transisi masih menghadapi pemberontakan oleh Syiah di bagian utara, dan juga pertempuran dengan kelompok Islam Sunni di daerah selatan dan gerakan pemisahan diri di bagian selatan. (Al Arabiya)

Era Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar