Senin, 04 Februari 2013

AFGHANISTAN, INGGRIS, PAKISTAN, BERSATU HADAPI TALIBAN

 triparti afghan
(PERANG DUNIA XXX) --- Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari mengadakan pembicaraan perdamaian dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron pada hari Senin yang untuk pertama kalinya .

Pertemuan puncak di negara di London bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara Afghanistan dan Pakistan, di tengah kekhawatiran bahwa perang sipil bisa meletus kembali ketika pasukan internasional meninggalkan Afghanistan pada tahun 2014.

“Proses trilateral mengirimkan pesan yang sangat jelas kepada Taliban – sekarang adalah waktu bagi semua orang untuk berpartisipasi dalam proses politik yang damai di Afghanistan,” kata juru bicara pemerintah Inggris.

“Untuk pertama kalinya, kami akan membawa bersama-sama membangun politik dan keamanan dari Afghanistan dan Pakistan, dengan berkoordinasi kepada menteri luar negeri, kepala staf angkatan darat, kepala intelijen dan ketua Dewan Perdamaian Afghanistan.”

Pemerintahan Kabul dan Washington seringkali menuduh Pakistan berada di belakang kondisi destabilisasi Afghanistan.
Cameron menjadi tuan rumah makan malam pribadi untuk Karzai dan Zardari di Chequers pada hari Minggu malam, menjelang Seninnya akan diadakan pembicaraan antara para pemimpin dan pejabat mereka.

Ini adalah pembicaraan trilateral ketiga dalam satu tahun terakhir setelah pertemuan di Kabul pada bulan Juli dan New York September lalu .

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Inggris Guardian dan stasiun televisi ITV dirilis Minggu malam, Karzai mengatakan ancaman terbesar bagi perdamaian di Afghanistan bukanlah Taliban, namun campur tangan dari kekuatan asing.

“Perdamaian hanya akan datang ketika unsur-unsur eksternal yang terlibat dalam menciptakan ketidakstabilan dan perselisihan , atau pelanggaran hukum di Afghanistan, akan dibicarakan dalam perundingan,” katanya, tanpa menyebut nama negara tertentu.
Presiden juga menyatakan pasukan Barat telah “berperang di tempat yang salah” di Afghanistan, dia katakan keamanan di provinsi Helmand selatan adalah lebih damai sebelum pasukan Inggris tiba di sana.
Pertemuan ini memiliki tujuan dari ketiga Negara tersebut, yaitu “fokus pada cara untuk mempercepat proses perdamaian di Afghanistan dan lebih memperkuat kerjasama antara Afghanistan dan Pakistan dalam memerangi terorisme dan ekstremisme”.

Karzai juga dijadwalkan bertemu pewaris takhta Pangeran Charles selama tiga hari kunjungannya ke Inggris, yang dimulai pada hari Sabtu.

Inggris masih memiliki sekitar 9.000 tentara di Afghanistan menjelang penarikan dijadwalkan pada tahun 2014.

Tentara dan polisi Afghanistan yang mengambil tanggung jawab estafet untuk memerangi gerilyawan Taliban , karena sekitar 100.000 pasukan NATO akan keluar dari Afghanistan pada akhir tahun depan.
Pasukan Afghanistan juga semakin menjadi target serangan Taliban karena militer Afghanistan  mengambil peran keamanan yang lebih besar di negaranya.

EraMuslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar