Kamis, 28 Maret 2013

MENLU TURKI: TURKI SELALU BELA INTEGRITAS WILAYAH GEORGIA



 

(PERANG DUNIA XXX) --- Tbilisi, Georgia// Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu dalam kunjungannya ke Georgia, Rabu (27/3) di Tbilisi, mengatakan bahwa Turki selalu membela integritas wilayah Georgia, Anadolu Agency melaporkan Kamis (28/3).


Dalam konferensi pers bersama mitranya Menteri Luar Negeri Georgia Maia Panjikidze, setelah pertemuan empat mata, Davutoglu menunjukkan bahwa Turki mendukung semua masyarakat di Georgia untuk hidup damai dan bersaudara.


"Turki dan Georgia adalah dua negara sahabat dan akan tetap demikian. Turki adalah mitra komersial dan ekonomi paling penting bagi Georgia," Kata Davutoglu.



Davotoglu mengungkapkan bahwa volume perdagangan antara dua negara tersebut telah mencapai USD 1,5 miliar. Hal ini sangat penting bagi Georgia dan Turki untuk mengunjungi satu sama lain tanpa perlu visa atau paspor.


"Turki ingin meningkatkan hubungan dengan Georgia. Kami mendiskusikan hubungan bilateral dengan Panjikidze dan apa yang bisa dilakukan untuk mempromosikan hubungan kami," tambah Davutoglu.


Menteri Pajnikidze mengatakan bahwa mereka bekerja untuk meningkatkan hubungan dengan Turki.


"Turki adalah salah satu mitra ekonomi yang paling penting bagi kami," ujar Pajnikidze.


Menjawab pertanyaan wartawan Anadolu Agency, Pajnikidze menggarisbawahi bahwa pintu Georgia terbuka bagi mua sepengusaha.

Davutoglu bertemu dengan Perdana Menteri Georgia

Davutoglu juga bertemu dengan Perdana Menteri Georgia Bidzina Ivanishvili di Tbilisi.
Pertemuan Davutoglu dengan Ivanishvili tertutup untuk pers.


Sumber mengatakan bahwa Davutoglu dan Ivanishvili membahas langkah-langkah yang harus diambil dalam rangka memperdalam hubungan Turki dan Georgia.


Dalam pertemuan tersebut, kata Davutoglu, Ivanishvili menghargai peran aktif  Turki di wilayah tersebut.

“Georgia salah satu negara yang paling penting dari Kaukasus,” kata Davutoglu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar