Jumat, 01 Maret 2013

HATTRA RAJASA: MEMBACA BENTUK MANUSIA BERPIKIR DAN BERZIKIR




(PERANG DUNIA XXX) --- Jakarta// Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa saat membuka 12th Islamic Book Fair 1434/2013 di Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (1/3) mengatakan membaca membuat kita menjadi manusia yang berpikir dan berzikir.

“Membaca membuat kita menjadi manusia yang berpikir dan manusia yang berzikir,” kata Hatta.

Menurut tokoh yang akan maju sebagai Capres 2014 itu, masyarakat yang membaca akan menjadi masyarakat pembelajaran. Dengan belajar akan menjadi masyarakat yang berilmu pengetahuan dan berakhlak mulia untuk memakmurkan alam semesta.


(Dari kanan) Ketua Ikapi Evi Afrizal, Menko Hatta Rajasa, dan Menhut Zulkifli Hasan di  Pembukaan 12th Islamic Book Fair 1434/2013

“Manusia yang unggul adalah manusia yang membaca fenomena alam agar ia berpikir melahirkan sesuatu untuk memakmurkan alam semesta dan memerdekakan manusia,” kata Hatta yang mengaku telah mengoleksi sekitar 10.000 buku di perpustakaan pribadinya.

Hatta berpendapat bahwa sangat tepat jika wahyu dalam Al-Qur’an yang turun pertama kali adalah Surat Al-Alaq. Hatta mengutip ayat 1-2 yang artinya: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

“Saya selalu menekankan membaca adalah awal dari membangun masyarakat yang mumpuni. Mari kita tingkatkan kemampuan dan kemauan anak-anak kita untuk membaca,” ungkap Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu.

Pria Palembang kelahiran 1953 tersebut lalu menceritakan masa lalunya yang terkadang harus membayar ke perpustakaan untuk menyewa buku. Sekarang hal itu sudah tidak ada. Buku sudah tersedia di mana-mana, di perpustakaan-perpustakaan kecil dan di sekolah-sekolah.

“Tinggal kita dorong masyarakat dan anak-anak kita untuk membaca dan terus membaca,” tambahnya.

Hatta Rajasa yang didampingi oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Mantan Menpora Adhyaksa Dault membuka pergelaran pameran buku terbesar dan terlengkap di Indonesia itu dengan menabuh bedug. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar