Senin, 11 Februari 2013

KENYA ADAKAN DEBAT BERSEJARAH CALON PRESIDEN






(PERANG DUNIA XXX) --- Nairobi // Sejarah Kenya tercipta di Brookhouse International School, Nairobi Senin malam (11/2) ketika delapan kandidat turun ke podium debat untuk membahas berbagai  program tawaran mereka sebagai calon presiden Kenya, media nasional Kenya Africa Review melaporkan dalam situsnya.
Pada awalnya hanya enam kandidat  yang dijadwalkan. Dua kandidat diblokir akhirnya diputuskan untuk bisa ikut ambil bagian.

Kedelapan kandidat tersebut adalah Perdana Menteri Raila Odinga, dua wakilnya Uhuru Kenyatta dan Musalia Mudavadi.

Lainnya adalah mantan anggota parlemen Martha Karua, Peter Kenneth dan Paul Muite. Serta mantan Sekretaris Tetap Kementerian James ole Kiyiapi dan mantan guru Mohammed Abduba Dida .

 
Setelah memperkenalkan diri, para kandidat diminta untuk memberikan perspektif mereka tentang etnisitas yang dianggap sebagai pendorong utama politik Kenya.
Perdebatan itu disiarkan langsung secara lokal pada delapan TV dan 34 stasiun radio.

Media internasional BBC, CNN, Reuters dan Al Jazeera juga meliput acara bersejarah tersebut.

Raksasa internet Google juga merekam perdebatan itu di http://www.youtube.com/user/electionskenya/dan Harian Bangsa di http://www.nation.co.ke menayangkan langsung dalam websitenya.

Kenya akan melaksanakan pemungutan suara pada tanggal 4 Maret untuk memilih  pemimpin negara selama lima tahun ke depan.

Ini adalah putaran kedua. Pemilu paling demokratis pertama setelah 50 tahun merdeka dari penjajahan Inggris. Pemilu-pemilu sebelumnya lebih karena loyalitas etnis atau ego kekuatan politik. Terutama suku terbesar  mengalahkan suku-suku kecil.

Meskipun terlihat sama, namun pemilu kali ini melibatkan dinamika komposisi gabungan perusahaan  joint venture dari berbagai negara dengan koalisi partai.  

Para pengamat politik menilai, tidak ada satu pun kandidat yang sangat menonjol dan dipastikan akan menang. Pemilu ini akan berlangsung ketat.

Kenya tidak mau mengulangi kecerobohan pemilu 2007 yang menyebabkan timbulnya kerusuhan berdarah.

Calon presiden pemenang akan diminta mengumpulkan 50 persen plus satu dari total suara.

Presiden Mwai Kibaki akan pensiun setelah  dua periode menjabat sebagai presiden ketiga Kenya sejak 30 Desember 2002.  Akhir 2007 ia kembali dilantik sebagai presiden setelah kontroversial muncul sebagai pemenang dalam persaingan yang sengit. Pemilu diperburuk oleh tuduhan penipuan dan penyimpangan yang mengarah kepada kekerasan pasca pemilihan 2007-2008. (ABU DZAKIR).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar